Pelaksanaan UNBK Semakin Dekat, SMPN 1 Rambatan Matangkan Persiapan

Diterbitkan Tanggal: 13 / 03 / 17

Kategori: | Batu Sangkar, DAERAH, PENDIDIKAN, SUMBAR |

Foto : SumbarExpress (Elvis)

Foto : SumbarExpress (Elvis)

SUMBAREXPRESS, TANAH DATAR – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test(CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Foto : SumbarExpress (Elvis)

Foto : SumbarExpress (Elvis)

Namun tidak semua sekolah dapat melaksanakan UNBK, banyak sekolah yang belum siap dengan fasilitas dan prasarana yang dapat mendukung terlaksananya UNKB.

Mungkin SMPN 1 Rambatan salah satu sekolah yang beruntung dapat melaksanakan UNBK, karena secara teknis sekolah yang beralamat di Jl. Raya Batusangkar – Ombilin Km 6, Rambatan, Kabupaten Tanah Datar ini sudah memenuhi syarat untuk melaksanakan UNBK. Selain ketersedian petugas laboratorium komputer (minimal 1 proktor dan 1 teknisi), juga memiliki sarana komputer, jaringan internet dengan bandwidth minimal 1 Mbps, serta jaringan area lokal (Local Area Network – LAN).

Kepala Sekolah SMPN 1 Rambatan Drs Azri, kepada SumbarExpress ditemui diruangnya mengatakan, peserta ujian sebanyak 158 orang siswa akan melaksanakan UNBK pada dua ruang kelas yang telah di lengkapi dengan 60 unit komputer, 2 unit server di tambah dengan 2 unit server cadangan dan semua peserta ujian, guru dan semua perlengkapan pendukung untuk pelaksanaan UNBK 2017 ini.

“Muhasabah sebanyak tiga kali, pemanfaatan bank soal semaksimal mungkin, mengintensifkan komunikasi dengan orang tua wali murid dalam pembinaan siswa dan pastinya memberikan tambahan jam pelajaran khususnya untuk siswa kelas IX yang akan mengikuti UNBK yang akan dilaksanakan bulan mei nanti sangat kami prioritaskan guna mendukung keberhasilan UNBK di SMP Negeri 1 Rambatan ini” ucap Azri Sabtu (11/02).

Foto : SumbarExpress (Elvis)

Foto : SumbarExpress (Elvis)

Azri menambahkan, bahkwa demi kelancaran UNBK di sekolahnya, pihaknya memungut biaya Rp.0 (gratis) kepada wali murid dan komite sekolah.

Di tempat terpisah, beberapa orang siswa kelas IX yang di jumpai menyatakan kesiapan mereka untuk menghadapi UNBK yang tidak lama lagi.

“Saat ini kami sudah sangat siap untuk UNBK nanti, dan kami bangga bisa bersekolah di sini. Walaupun kami sedikit grogi karna ini baru pertama kali, namun kami dengan beberapa kali pelatihan” tutupnya.

Laporan : Mon Hendri

Editor : Joni Hermanto

(Visited 80 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!