Inovasi Pelayanan Publik Oase Sahabat Hati Dongkrak Animo Masyarakat Mengurus Dokumen Kependudukan

Diterbitkan Tanggal: 03 / 05 / 17

Kategori: | DAERAH, Tanah Datar |

Foto : Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017

Foto : Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017

SUMBAREXPRESS, TANAH DATAR – Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi Kadis Dukcapil Elizabeth, Sekretaris Dukcapil Armen Yudhi dan Kabag Organisasi Adriyanti Rustam mempresentasikan sebuah inovasi pelayanan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil di depan tim panelis yang terdiri dari akademisi, peneliti, praktisi yang diketuai JB Krstiadi.

Pelayanan Publik yang telah menjadi salah satu program prioritas pembangunan di bawah kepemimpinan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma dibuktikan masuknya dalam program OASE SAHABAT HATI pada Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 dari 3.054 inovasi yang mendaftar dan berjuang untuk masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik.

Bupati Irdinansyah Tarmizi mengungkapkan OASE Sahabat Hati yang dipilih menjadi tagline Inovasi Pelayanan Publik Dinas Dukcapil yang berarti Online Anywhere Service, Satu Hari Banyak Tempat, Harapan Terpenuhi merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat agar seluruh masyarakat Tanah Datar memiliki dokumen kependudukan yang diperlukan.

Ini dilakukan jelas bupati disebabkan topografi wilayah Tanah Datar yang bergelombang, beberapa nagari jarak tempuh ke pusat kota cukup jauh dan membutuhkan biaya serta masih rendahnya kesadaran masyarakat.

Program jemput bola ini hadir menjawab permasalahan yang ada di tengah masyarakat. “Ketika saya turun ke nagari-nagari melalui program Bupati Sehari Berkantor di Nagari, masih banyak masyarakat kita yang belum memiliki dokumen kependudukan yang lengkap seperti KTP, KK dan Akte Kelahiran, maka saya senantiasa membawa Dinas Dukcapil di samping Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, BPJS dan Baznas ke nagari,” jelas bupati.

Bupati tambahkan pemerintah daerah mempunyai kewajiban hadir tengah-tengah masyarakat untuk memberi pelayanan dan pelayanan tersebut yang kita dekatkan kepada masyarakat sehingga masyrakat merasakan manfaat adanya pemerintahan itu sendiri.

Sementara Kadis Dukcapil Elizabeth juga menjelaskan Program Bupati Berkantor Sehari di nagari menjadi pilar utama suksesnya OASE Sahabat Hati. “Pelayanan di kantor Dukcapil tetap berjalan seperti biasa, dan bagi masyarakat yang tidak biasa ke kantor Dukcapil, kita jemput bola ke nagari-nagari sesuai jadwal yang telah kita sampaikan dan tahun 2017 ini mencakup 28 nagari,” ulas Elizabeth.

OASE Sahabat Hati ini jelas Elizabeth, memanfaatkan mobil pelayanan keliling dengan  jaringan online yang terhubung kepada server di Dukcapil serta secara otomatis telah tersimpan, proses verifikasi dan validasi langsung di tempat, langsung dicetak di lokasi dan pelayanan ini gratis tanpa dipungut biaya.

Elizabeth juga sampaikan dengan telah berjalannya program ini memberi dampak pada peningkatan animo masyarakat mengurus dokumen kependudukan, efisensi waktu, tenaga dan biaya pengurusan, menutup peluang percaloan.

“Target pencapaian penerbitan dokumen kependudukan bisa kita raih ditambah lagi masyarakat puas dengan pelayanan kita, ini dibuktikan dengan meningkatkan Indeks Kepuasan Konsumen (IKM) dari 74,25 tahun 2013 menjadi 76,44 tahun 2016,” kata Elizabeth.

Inovasi Pelayanan ini akan terus kita kembangkan, sehingga nantinya masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke Dinas Dukcapil tapi cukup hanya sampai ke kantor Walinagari, dan semua dokumen kependudukan yang dibutuhkan bisa diterbitkan.

Salah seorang Tim Panelis Siti Zuhro Peneliti LIPI pada kesempatan itu mengapresiasi inovasi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar di bidang Dukcapil. “Saya mengapresiasi Tanah Datar yang banyak melahirkan inovasi,termasuk Program ini sangat menyentuh kebutuhan dasar masyarakat, pemda Tanah Datar dinilai proaktif memberikan pelayanan di mana  masyarakat kita umumnya pasif dalam pengurusan dokumen kependudukan, jangan puas hanya sampai di sini, mudah-mudahan bisa terus dikembangkan dan disempurnakan lebih baik lagi,”  pesannya. (Humas)

(Visited 66 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!