Cegah Kerusuhan Di Dalam Lapas, Kapolres Gandeng Kalapas Tingkatkan Kerjasama

Diterbitkan Tanggal: 06 / 05 / 17

Kategori: | DAERAH, POLRI, REDAKSI |

Foto : Kunjungan Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas ke Lapas Kelas II B Batusangkar

Foto : Kunjungan Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas ke Lapas Kelas II B Batusangkar

SUMBAREXPRESS, TANAH DATAR – Antisipasi kejadian yang terjadi di Rumah Tahanan (rutan) Sialang Bungkuk Kulim Pekanbaru yang menyebabkan sedikitnya 200 orang berhasil lolos menjebol rutan, Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas, SH bekerja sama dengan Kalapas guna mencegah kerusuhan di dalam lapas.

“Kita sudah bekerja sama dengan Kalapas guna mencegah kerusuhan di dalam lapas seperti yang terjadi di rutan Siak Pekanbaru”, tutur Kapolres di sela kunjungannya ke lapas kelas II B Batusangkar, Sabtu (06/05) Kepada SumbarExpress.com

Kapolres berharap dengan adanya kerjasama ini untuk memberikan perbantuan penanganan kejadian kontijensi dilingkungan Lapas Klas II B Batusangkar bila sewaktu- waktu dibutuhkan.

“Kegiatan perbantuan ini sudah berlangsung, seperti pengawalan tahanan, bantuan pemindahan tahanan, razia bersama dan giat koordinasi lainnya yaitu siraman rohani kepada Napi,” ungkap Kapolres.

Kapolres menambahkan pihaknya akan meningkatkan kerjasama yang sudah berjalan baik, dengan melakukan patroli sambang, penjagaan bersama dan rapat koordinasi rutin bulanan.

“Saya nanti akan rencanakan kegiatan rutin, kita serap aspirasi dan keluhan yang terjadi dalam pelaksanaan tugas,” jelas Kapolres.

Kapolres menilai kerusuhan di dalam lapas juga disebabkan oleh kapasitas penghuni yang tidak sebanding dengan jumlah ruang tahanan. Selain itu, dia juga menyoroti tata peradilan pidana yang ada saat ini.

“Kalau nanti UU KUHPidana sudah rampung, kita berharap pengadilan mengaplikasikan konsep itu. Tidak semua harus dikirim ke dalam lapas, harus lihat dulu kasus-kasusnya karena hukum pidana adalah ultimum remedium, merupakan upaya terakhir untuk menghukum seseorang,” katanya.

Laporan : Tim Liputan

Editor : Joni Hermanto

(Visited 59 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!