Bahayakan Dirinya Dan Orang Lain, Karyawan SPBU Nyalakan Rokok Sambil Mengisi BBM

Diterbitkan Tanggal: 19 / 07 / 17

Kategori: | DAERAH, REDAKSI, SOSIAL & BUDAYA |

Kelakuan Danil Didapati SumbarExpress.com Merokok Sambil Mengisi BBM

Kelakuan Danil Didapati SumbarExpress.com Merokok Sambil Mengisi BBM

SUMBAREXPRESS, TANAH DATAR – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) merupakan area dengan banyak uap bahan bakar yang mudah terbakar. Pada saat proses pengisian bahan bakar, di sekitar tangki akan terkumpul uap benzena yang cukup pekat. Saat tertiup oleh udara kepekatan uap benzena sangat sensitif pada percikan api sekecil apapun.

Guna mencegah terjadinya kebakaran dan hal-hal yang tidak diinginkan kita dilarang menyalakan api atau merokok diarea SPBU. Namun, apa jadinya jika larangan tersebut justru dilanggar oleh karyawan SPBU itu sendiri?.

Seperti yang dilakukan Danil (37) salah seorang karyawan SPBU 14-272-554 yang beralamat di Jalan Raya Batusangkar – Padang Panjang, Nagari Cubadak, Kabupaten Tanah Datar. Rabu (19/7) sekitar pukul : 08:55 WIB, saat SumbarExpress.com tengah melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM), kami mendapati Danil tengah menyalakan api untuk membakar rokok yang sudah bersarang dimulutnya sambil mengisikan BBM dari pompa pengisian ke derigen yang dibawa oleh pelanggan. Seakan tidak sadar akan potensi terjadinya ledakan dan bahaya kebakaran, Danil terus mengepul asap rokoknya.

Melihat kelakuan Danil seperti itu, Fitria (23) seorang pelanggan yang juga kebetulan sedang mengisi BBM sangat geram dan mengecam prilaku tak terpuji Danil. Fitria mengatakan pimpinan SPBU 14-272-554  harus menindak tegas dan memecat karyawanannya itu, karena tindakan karyawannya itu selain memberi contoh tidak baik kepada masyarakat juga membahayakan orang lain yang ada disekelilingnya.

“Kalau saya pemilik SPBU ini saya gak bakal kasih ampun, langsung saya pecat aja karyawan kaye gitu. Harusnya dia turut menghimbau dan melarang masyarkat untuk merokok di area sini, ini malah dia yang merekok”, tutur Fitria dengan nada geram kepada SumbarExpress.com

Pimpinan dan pengelola SPBU 14-272-554, David (45) saat ditemui diruangannya Rabu (19/7) sore mengaku sudah mengetahui ulah anak buahnya itu, bahkan menurut David Kepala Pertamina Cabang Padang sudah mengetahuinya, dan atas arahan Kepala Cabang David lalu menjatuhkan sangsi berupa surat teguran kepada Danil.

“Kepala Cabang meminta saya untuk memberi teguran berupa SP1 (Surat Peringatan) kepada oknum itu, selain itu yang bersangkutan juga diminta untuk membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi lagi perbuatannya serta meminta maaf atas tindakannya itu, ini suratnya pernyataannya sedaang saya siapkan untuk dikirim ke Kepala Cabang Pertamina Padang sebelum jam 4 sore ini”, ujar David

Sementara itu saat dikonfirmasi SumbarExpress.com Danil mengaku khilaf dan menyesali perbuatannya, serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang membahayakan dirinya dan orang lain itu.

“Saya minta maaf, tadi saya memang khilaf. Saya mau sarapan makanya saya sudah siapkan rokok, lalu tiba-tiba ada pelanggan yang mengisi minyak dengan derigen, lalu saya layani pelanggan itu dan tanpa sadar saya menyalakan rokok yang sudah saya pegang”, Terangnya.

Laporan : Tim Liputan

Editor : Joni Hermanto

(Visited 293 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!