Selain Menindak Pengendara Yang Melanggar, Di Hari Ke 2 Operasi Keselamatan Kasat Lantas Beri Wajengan Ke Sekolah

Diterbitkan Tanggal: 06 / 03 / 18

Kategori: | Batu Sangkar, DAERAH, POLRI, REDAKSI |

Kasat Lantas Polres Tanah Datar usia melakukan penyuluhan ke pelajar MTS dan SMA Muhammadyah Batusangkar

Kasat Lantas Polres Tanah Datar usia melakukan penyuluhan ke pelajar MTS dan SMA Muhammadyah Batusangkar

SUMBAREXPRESS, TANAH DATAR – Giat Operasi Keselamatan Singgalang 2018 Polres Tanah Datar yang dimulai Senin (5/3),masih menyisakan 20 hari lagi. Dihari kedua selain menindak pengendara yang melakukan pelanggaran. Dibawah arahan Kapolres AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, SH, Satuan Lalu Lintas melirik target pelajar sekolah tingkat SLTP dan SLTA.

Mendatangi langsung ruang kelas pelajar, Kasat Lantas Polres Tanah Datar AKP. Yulandi Rusadi, SH melakukan himbauan tertib lalu lintas. Para pelajar diberikan wejangan dan pengetahuan tentang bahaya melanggar aturan lalu lintas.

“Ingat terjadinya kecelakaan selalu diawali dengan pelanggaran lalu lintas. Potensi terjadinya laka lantas, diantaranya melawan arah lalu lintas khususnya ranmor R2, menggunakan HP waktu mengemudi, tak mengindahkan rambu-rambu terutama traffik light dan berkendara belum cukup umur, ” jelas AKP. Yulandi kepada puluhan pelajar MTS dan SMA Muhammadyah Batusangkar.

Ia menjelaskan dengan rinci tentang bahaya berada dijalan raya. “Tak mengindahkan aturan yang ada dan enggan mengunakan helm kala berboncengan bisa mengakibatkan bahaya pada diri kita. Telah banyak kasus kecelakaan yang karena tak taat aturan mengakibatkan kematian kepada korban, ” ujarnya.

Selain membahayakan jiwa sendiri, Kasat Lantas menjelaskan bahwa potensi membahayakan jiwa pengendara lainpun cukup tinggi, karena kesalahan penguna jalan yang tak mengindahkan aturan lalu lintas.

“Kita harus memahami tentang bahaya saat dijalan raya. Oleh karena itu taatilah aturan yang ada dalam berkendara, ataupun saat menjadi penumpang. Sayangilah jiwa kita, dan ceritakan kepada teman, kerabat, kakak, adik dan orang tua dirumah mengenai hal ini, ” sampai Yulandi, yang diiyakan oleh seluruh pelajar yang hadir saat itu.

Kepada awak media AKP. Yulandi mengatakan dalam Operasi Keselamatan kali ini, satuannya menekankan pada kegiatan preemtif dan preventif selain upaya represif kepada pengendara “nakal”.

“Upaya yang akan kita lakukan berupa sosialisasi-sosialisasi secara langsung sperti saat ini, yaitu Police Go To School. Ataupun tidak langsung seperti sosialisasi menggunakan spanduk, baliho, media elektronik, dan cetak maupun media internet, ” tuturnya.

Editor : Joni Hermanto

(Visited 57 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!