Minimalisir Angka Laka Lantas Dikalangan Pelajar, Polres Tanah Datar Siapkan Bus Gratis

Diterbitkan Tanggal: 25 / 04 / 17

Kategori: | DAERAH, PENDIDIKAN, POLRI |

Foto : Bus Polres Tanah Datar

Foto : Bus Polres Tanah Datar

SUMBAREXPRESS, TANAH DATAR – Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat guna menekan angka kecelakaan yang terjadi di wilayah hukum Polres Tanah Datar khususnya para pelajar.

Polres Tanah Datar dalam hal ini Satuan Sat Lantas Polres Tanah Datar Mengadakan Program Bus / angkutan Sekolah Gratis Bagi pelajar.

Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, SH dalam pencanangan Program Bus /angkutan sekolah gratis ini mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk menekan jumlah kecelakaan khususnya para pelajar. Program ini di laksanakan setiap Hari Senin pada pagi hari di saat pelajar ke sekolah dan siang hari pada saat pelajar pulang dari sekolah masing-masing.

Dengan berjalannya program ini di harapkan ke depan para pelajar yang menggunakan kendaraan bermotor untuk ke sekolah dapat memanfaatkan fasilitas bus sekolah gratis Polres Tanah Datar, karena di samping umumnya para pelajar yang masih berumur di bawah 17 tahun dimana belum memenuhi syarat untuk mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) , juga dapat mencegah terjadinya kecelakaan di kalangan pelajar yang masih sering di jumpai berkendara dengan ugal-ugalan.

“Dengan adanya angkutan gratis untuk pelajar diharapkan angka kecelakaan lalulintas pelajar dapat mengalami penurunan,” ungkap Kapolres Kepada SumbarExpress Senin (24/04).

Foto : Kondisi dalam bus

Foto : Kondisi dalam bus

Dikatakan Kapolres Bayuaji program ini akan di mulai pada Selasa, (25/4/2017) Polres menyediakan 1 armada Bus dan 2 truk Dalmas sekolah untuk sarana Transportasi pelajar berangkat ke sekolah. Bahwa dasar penyediaan armada Bus Sekolah ini merupakan upaya Polres untuk mengajak para pelajar yang menggunakan sepeda motor, agar beralih kepada bus sekolah dan angkutan umum yang ada yaitu angkot dan angdes.

“Dari hasil evaluasi pelanggaran Lalu Lintas dan korban Laka Lantas masih didominasi pelajar. Para pelajar yang masih di bawah umur ini mayoritas menggunakan sepeda motor, dan kerap melakukan pelanggaran disaat jam berangkat dan pulang sekolah, bahkan menjadi korban dari kecelakaan di jalan raya ” Tambah Kapolres yang baru 2 minggu menjbat itu.

Ia mengatakan bahwa program ini juga menjadi solusi bagi siswa yang kesulitan mendapatkan transportasi. Terutama siswa yang orang tuanya tidak memiliki kendaraan dan tidak di lalui rute angkutan umum.

Ditempat yang sama Kasat Lantas AKP. Yulandi Rusady, SH menyampaikan bahwa Bus sekolah ini akan beroperasi setiap pukul 06.30 WIB ditiga rute yang telah di tetapkan. Tiga bus sekolah Polres yang ada saat ini, akan berkeliling setiap hari dijam sekolah, mulai Senin sampai Sabtu.

“Rute pertama bus sekolah ini mengambil rute Simpang Manunggal-Dobok-Pincuran Tujuh-GOR Gumarang. Rute bus kedua Sungai Tarab-Tiga Matua-Koto Panjang-Gedung Nasional-Lapangan Gumarang. Rute yang ketiga yaitu Nagari Gurun-Tabek Boto-Baringin-Lantai Batu-berakhir di Lapangan Gumarang, ” jelas AKP. Yulandi.

Untuk sopir yang membawa para pelajar berasal dari anggota Kepolisian, dan satu petugas didalam Bus Sekolah.

Di akhir penyampaiannnya, Kapolres AKBP. Bayuaji didampingi AKP. Yulandi mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan upaya mendukung Program Promoter Polri. Dimana dalam kegiatan itu kepolisian berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Laporan : Tim Liputan

Editor : Joni Hermanto

(Visited 135 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!