545 Wisudawan/i IAIN Batusangkar Siap Memasuki Dunia Kerja

Diterbitkan Tanggal: 29 / 03 / 18

Kategori: | Batu Sangkar, DAERAH, PENDIDIKAN |

545 wisudawan/i diwisuda di Aula IAIN Batusangkar

545 wisudawan/i diwisuda di Aula IAIN Batusangkar

SUMBAREXPRESS – BATUSANGKAR – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar mewisuda sebanyak 545 lulusan pada Wisuda Angkatan V TA 2017/2018 sejak berubah status dari STAIN Batusangkar menjadi IAIN Batusangkar.

Wisuda berlangsung di Aula Auditorium setempat, Rabu (28/3/2018) oleh Rektor Dr.H. Kasmuri, MA dihadiri Staf Ahli Bupati Tanah Datar Imran didampingi Wakil Rektor I, II dan III Dekan, Wakil Dekan, Direktur, Wakil Direktur Pascasarjana dan Pejabat Struktural.

Kasmuri pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada wisudawan/ti. Dia juga mengharapkan agar para wisudawan/ti dapat memanfaatkan dengan baik ilmu yang didapatkan selama kuliah, baik dalam organisasi kemahasiswaan maupun pengalaman dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah.

“Saudara akan kembali ke masyarakat yang penuh persaingan dan tantangan yang harus dihadapi, Apalagi telah diberlakukan masyarakat ekonomi ASEAN, keberhasilan ditentukan diri sendiri untuk mencapai target kedepan,” ujar Kasmuri.

Ia menambahkan para alumni IAIN telah mampu menunjukkan kiprahnya dalam berbagai bidang. Di antara mereka ada yang tampil sebagai pemimpin eksekutif daerah, anggota dewan, pedagang sukses, dan bahkan ada yang berkiprah di tingkat nasional dan international.

“Berdasarkan data yang telah diperoleh melalui tracer study terhadap alumni, saat ini sebagaian besar mereka telah bekerja baik sebagai ASN, Hakim, Advokat, Bankir, Politisi, Wiraswasta dan profesi lainnya yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, lanjut Kasmuri. Beberapa hari yang lalu Menteri Agama RI telah meresmikan penggunaan Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Kampus II di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum. “Alhamdulillah dari beberapa akreditasi yang telah kita lakukan, 5 Jurusan di IAIN Batusangkar memperoleh nilai akreditasi A,” ucapnya.

Diakhir sambutannya Kasmuri menyampaikan, mewakili sivitas akademika IAIN Batusangkar, dirinya mengucapkan selamat kepada para seluruh wisudawan atas keberhasilan menyelesaikan studi di IAIN Batusangkar dan kepada para orang tua, wali, dan keluarga wisudawan.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Wisuda Aidhya Irhash Putra mengatakan sebanyak 545 orang wisudawan-wisudawati dari 3 fakultas dan Program Pascasarjana. Masing-masing yiatu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 302 orang, Fakultas Syariah 25 orang, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 203 orang dilaksanakan wisuda pada hari Rabu (28/3).

“Selanjutnya, lulusan Program Pascasarjana sebanyak 15 orang, sebagain Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta Fakultas Syariah dilkaukan wisuda Kamis (29/3) pagi ini,” tambahnya.

Tahun ini IAIN Batusangkar juga memberikan penghargaan kepada lima (5) wisudawan/ti lulusan terbaik yakni Program Pascasarjana di raih oleh Yasmansyah IPK (3.90) pada Prodi Agama Islam. Untuk Prodi Manajemen Pendidikan Islam Nola Refika IPK (3.93), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syari’ah prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah Yulmitra Handayani IPK (3.84), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam prodi Perbankan Syariah Putri Romadani IPK (3.90) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam prodi Menajemen Informatika Fitri Zulkarnain IPK (3.79), dan juga diberikan penghargaan kepada 5 lulusan dengan peneliti terbaik, pungkasnya.

Laporan : Tim Liputan

Editor : Joni Hermanto

(Visited 45 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!