Bacaleg PSI Ditolak Bawaslu

Diterbitkan Tanggal: 05 / 10 / 18

Kategori: | DAERAH, REDAKSI, Tanah Datar |

Foto : kabarsumbar.com

Foto : kabarsumbar.com

SUMBAREXPRESS, TANAHDATAR – Bawaslu Kabupaten Tanah Datar menolak permohonan salah seorang bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam sidang putusan sengketa proses pemilu, Senin (03/09) di Batusangkar.

Sengketa pemilu yang di gugat oleh pemohon (PSI) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai termohon telah memutuskan menolak permohonan Yulia Ramadhani dari daerah pemilihan (Dapil) 4 untuk ditetapkan sebagai Calon anggota DPRD Tanah Datar.

Ketua Banwaslu Hamdan didampingi Yuli Fatry dan Al Azhar Rasydin usai pembacaan putusan kepada awak media mengatakan, termohon atas nama Yulia Ramadhani dalam sidang penyelesaian sengketa pemilu tidak dapat menunjukkan SKCK dan surat tidak pernah dihukum diatas 5 tahun dari pengadilan.

“Dari 19 bacaleg dari partai PSI hanya satu orang yang kami tolak permohonannya karena alasan di atas, sementara 18 pemohon lainnya dapat diterima permohonan karena mereka bisa menunjukan seluruh kekurangan dokumen,” ujar Hamdan.

Khusus untuk 18 orang pemohon itu kata Hamdan, diperintahkan agar melengkapi persyaratan selama 2 hari dan KPU harus menerima seluruh persyaratan serta menetapkan mereka sebagai calon anggota DPRD Tanah Datar.

“Sebelum pembacaan putusan sidang penyelesaian masalah proses pemilu, kita sudah melalui tahapan yang ditetapkan undang-undang yaitu proses mediasi, tetapi karena mencapai kesepakatan diambil tindakan ajudikasi,” tutur Hamdan.

Sebelumnya, penetapan tidak memenuhi persyaratan ditetapkan oleh KPU tertanggal 11/08 tahun 2018 dengan menetapkan 19 Balon dari partai PSI tidak memenuhi persyaratan untuk dijadikan Calon DPRD Tanah.

Dengan alasan itu, sengketa proses pemilu dilalui oleh Ketua DPD PSI Tanah Datar Optimal dan Sekretaris PSI Gamal Abdul Nasir dengan termohon KPU Tanah Datar.

Kesembilan belas balon tersebut berasal dari empat dapil di Kabupaten Tanah Datar masing-masing, Dapil 1 lima orang, Dapil 2 tiga orang, Dapil 3 sebanyak enam orang dan Dapil 4 lima orang. Dan Yulia Ramadhani satu-satunya permohonan yang tidak dikabulkan Bawaslu.(KabarSumbar)

(Visited 5 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!