Terobosan Dan Inovasi Polres Tanah Datar

Diterbitkan Tanggal: 05 / 10 / 18

Kategori: | Batu Sangkar, DAERAH, POLRI |

Foto : kabarsumbar.com

Foto : kabarsumbar.com

SUMBAREXPRESS, TANAH DATAR – Inovasi teknologi berbasis internet kembali diterapkan oleh pimpinan Polres Tanah Datar, setelah meluncurkan aplikasi Polisi Badunsanak, Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudhs Prajas kembangkan sistem Central Sociaty And Sucurity Monitoring (CSSMS).

Usai gelar pasukan Mantap Brata di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Rabu (19/09) kepada kabarsumbar.com, Kapolres menyebutkan, sistem CSSMS ini guna mewujudkan pelayanan prima kepolisian yang promoter bagi masyarakat, khususnya di Tanah Datar.

Untuk program ini, Polsek Lima Kaum menjadi Polsek percontohan pertama yang langsung dibina oleh Kapolsek Iptu. M. Zen sebagai tim IT polres.

“Tim IT ini, di bawah pimpinan Kapolsek Lima Kaum akan selalu mengkaji dan membuat inovasi-inovasi lainnya, termasuk pemantapan program CSSMS ini, dimana wilkum polsek itu sendiri akan ditanam 16 titik CCTV yang bisa diakses kapan saja untuk menekan angka kejahatan,” ucap Kapolres Bayuaji.

Sebut Bayuaji, program ini selaras dengan kebijakan Kepolisian Republik Indonesia yang terus melakukan upaya-upaya untuk mencapai sasaran implementasi reformasi birokrasi demi mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, efektif dan efisien, serta pelayanan publik yang berkualitas dan juga untuk menjawab kemajuan zaman khususnya di bidang teknologi informasi.

“Untuk sistem ini, inovasi di bidang Teknologi Informasi yang telah diterapkan, semua aplikasi dan perangkat terintegrasi di kontrol ruangan command center Polres Tanah Datar dan Polsek sejajaran yang disebut dengan CSSMS (Central Society and Security Monitoring System),” terang perwira penerbangan ini.

Untuk wilayah hukum Polsek Lima Kaum ungkap Bayuaji, daerah-daerah yang rawan, pintu masuk wilayah dan sekitar pusat keramaian sudah bisa dipantau, ini sangat membantu kinerja polisi dalam mengungkap pelaku kejahatan dan juga menekan angka kriminalitas.

Untuk saat ini, sebut Kapolres Bayuaji pihaknya sudah meluncurkan aplikasi Polisi Badunsanak, Interfacing antara HP dengan radio komunikasi polisi, Camera CCTV (surveylice camera) terintegrasi, alarm senyap dan alarm video call.

“Dengan berbagai inovasi yang dilakukan oleh Iptu. M Zen dan timnya ini semua demi kepentingan masyarakat, diharapkan mampu memperbaiki citra polisi dan kehadirannya semakin dirasakan oleh masyarakat sebagai “security needs”,” pungkas Bayuaji. (KabarSumbar)

(Visited 3 times, 1 visits today)
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!